Hendryswong's Blog

Just another WordPress.com site

  • Klik tertinggi

    • Tak ada
  • Pengunjung

    • 270,177 hits

Laut Mati Terancam Tidak “Mati” Lagi

Posted by hendryswong pada Oktober 16, 2010


Laut Mati Terancam Tidak “Mati” Lagi

dead sea, laut mati, israel, yordania, palestina, sodom dan gomorah, nabi luth, sejarah laut mati, misteri laut mati, keunikan laut mati

SEGALA hal yang diasosiasikan dengan “mati” biasanya tidak disukai orang. Namun tidak dengan kata “mati” yang melekat pada sebuah tempat yang bernama Laut Mati. Malah, tempat ini menarik minat jutaan turis setiap tahun. Di samping itu, banyak penelitian telah dilakukan untuk mengungkap keunikan alamnya. Namun, nama yang menyeramkan ini pun sebenarnya telah dihaluskan dari terjemahan bahasa Ibrani‘Yam ha Maved’ yang berarti ‘Laut Pembunuh’, sedangkan dalam bahasa Arab namanya adalah ‘Bahrul Mayyit’ yang artinya yaahhh Laut Mati juga. Laut Mati biasa disebut dengan Laut Garam karena perairannya mengandung 33,7% garam (sekitar 8,6 kali lebih banyak dari kandungan garam di laut biasa). Laut Mati yang diapit oleh negara Israel dan Palestina (Tepi Barat) di sisi barat, dan Yordania di sisi timur merupakan wilayah yang paling rendah di dunia. Posisinya adalah 422 meter di bawah permukaan laut! Mau tahu tentang asal-usul dan fakta menarik tentang Laut Mati lainnya silahkan lanjut membaca…..

Asal-usul Laut Mati
Laut Mati sebenarnya bukanlah benar-benar laut, melainkan hanya sebuah danau saja. Disebut laut karena danau ‘Laut Mati’ berair asin dan memiliki wilayah yang luas: panjang 47 mil dan lebar 10 mil, dengan total luas permukaan sekitar 360 mil, sedangkan kedalaman laut mencapai 422 meter. Lalu mengapa namanya Laut Mati? Disebut demikian karena tidak ada ikan yang dapat hidup di Laut Mati karena keasinan airnya yang sangat tinggi. Jangankan hidup, berenang pun ikan akan sulit karena dia pasti akan terapung terus!

Asal-muasal terjadinya Laut Mati disebutkan dalam kitab suci Umat Islam dan Kristen. Disebutkan bahwa Nabi Luth diperintahkan Tuhan untuk memperingatkan kaumnya yang melegalkan perilaku homoseksual. Karena umat mengabaikan seruan Nabi Luth, maka Tuhan memerintahkan Nabi Luth untuk menyingkir dari kota Sodom dan Gomorah. Laknat Tuhan datang melalui sebuah gempa vulkanis yang diikuti letusan lava, kota-kota tersebut diruntuhkan, lalu dijungkirbalikkan masuk ke dalam Laut Mati.
Ada dua hipotesis tentang asal usul ketinggian permukaan air yang sangat rendah dari Laut Mati. Hipotesis yang lebih tua menyatakan bahwa laut ini terletak pada zona keretakan yang asli, merupakan perluasan dari Laut Merah Rift, atau bahkan dari Great Rift Valley Afrika timur. Namun Hipotesis yang lebih baru menyatakan bahwa cekungan Laut Mati adalah konsekuensi dari sebuah “langkah balik” diskontinuitas di sepanjang Transformasi Laut Mati, yang menciptakan perluasan dari kerak bumi dengan akibat pengendapan air.

Sekitar tiga juta tahun yang lalu yang sekarang lembah Sungai Yordan, Laut Mati, dan Wadi Araba berulang kali tergenang oleh air dari Laut Mediterania. Air terbentuk dalam sempitnya dan bengkoknya teluk yang terhubung ke laut melalui apa yang sekarang menjadi Lembah Yizreel. Banjir dari lembah datang dan pergi tergantung pada skala panjang perubahan iklim.

Menurut teori geologi, sekitar dua juta tahun yang lalu tanah antara Rift Valley dan Laut Tengah naik menjadi sedemikian rupa sehingga laut tidak bisa lagi menggenangi daerah tersebut. Dengan demikian, teluk panjang menjadi sebuah danau.

Pertama-tama dalam prasejarah danau seperti ini dinamai “Danau Gomora.” Danau Gomora adalah danau air tawar atau payau yang diperpanjang setidaknya 80 km (50 mil) selatan saat ini ujung selatan Laut Mati dan 100 km (62 mil) utara, jauh di atas sekarang Depresi Hula. Ketika iklim menjadi lebih kering, Danau Gomora menyusut dan menjadi lebih asin. Besar, air asin pendahulu dari Laut Mati disebut “Danau Lisan.”
Dekat Ein Gedi, garam menumpuk di sepanjang pantai Laut Mati.
Bertatahkan kasar garam karang menguap dari Laut Mati dekat Ein Gedi.
Kerikil semen dengan garam karang di pantai barat Laut Mati dekat Ein Gedi.

Pada zaman prasejarah sejumlah besar sedimen dikumpulkan di lantai Danau Gomora. Endapan lebih berat daripada garam deposit dan garam-garam deposit tersebut teremas-remas ke atas ke dalam yang sekarang disebut Semenanjung Lisan dan Gunung Sodom (di sisi barat daya danau). Geolog menjelaskan efek dalam hal ember berisikan lumpur di mana batu datar besar ditempatkan, memaksa lumpur merangkak naik ke sisi ember. Ketika lantai Laut Mati turun lebih lanjut karena gaya tektonik, garam peninggalan dari Lisan dan Gunung Sodom tetap tinggal di tebing tinggi (di sebut salt dome).
foto satelit laut mati, world's lowest point, dead sea, laut mati, israel, yordania, palestina, sodom dan gomorah, nabi luth, tugu titik terendah di dunia, daratan terendah di dunia, laut garam, foto laut mati, sejarah laut mati, misteri laut mati, keunikan laut mati

Mengapa air Laut Mati sangat asin?
Pasokan air yang masuk ke Laut Mati hanya dari Sungai Yordan dan beberapa pegunungan di sekitarnya. Karena Laut Mati berada posisi yang rendah maka air yang diterima itu tidak bisa dialirkan kemana-mana. Satu-satunya jalan keluar air yaitu melalui proses penguapan ke udara saja. Itulah sebabnya air Laut Mati menjadi sangat asin karena air yang mengalami proses penguapan meninggalkan zat-zat mineralnya.

Keunikan Laut Mati
Anda tidak bisa berenang, tapi tidak ingin tenggelam saat mencebur ke dalam air? Itu bukan persoalan mustahil. Di Laut Mati, setiap orang yang mencebur diri tidak akan tenggelam walaupun di tempat yang dalam. Ini bisa terjadi karena Laut Mati memiliki kadar keasinan yang sangat tinggi. Namun banyak orang salah kaprah menyebut Laut Mati adalah perairan yang paling asin di dunia. Sebenarnya ada perairan lain yang kadar keasinan lebih tinggi (40%) yaitu Danau Assal di Djibuoti, Afrika.

mengapung di laut mati, dead sea, laut mati, israel, yordania, palestina, sodom dan gomorah, nabi luth, dead sea floating, sejarah laut mati, misteri laut mati, keunikan laut mati

Laut Mati memiliki lumpur yang berkhasiat sebagai penghalus kulit. Selain itu, ada beberapa zat mineral berguna lain yang terkandung dalam Laut Mati yaitu:

  • Sodium yang dapat meningkatkan permeabilitas yang sangat cocok untuk kulit kering.
  • Magnesium dengan konsentrasi 15 kali lebih tinggi dibandingkan dengan laut lainnya. Magnesiummembantu penyembuhan kulit dan menyediakan jaringan permukaan kulit dengan anti alergi dan penting untuk metabolisme sel.
  • Potassium yang dapat meningkatkan oksidasi dan mengatur proses elektrikal otot dan sistem saraf serta membantu mengatur kelembaban di kulit.
  • Bromida – konsentrasi bromida adalah 50 kali lebih tinggi dari garam biasa. Ini menyebabkan efek yang sangat santai, dan membantu secara alami perbaikan sel kulit.
  • Bitumen yang ditemukan dalam jumlah sedikit dan dapat bertindak sebagai zat anti-inflammatory.
  • Iodin yang berperan penting pada pembentukan hormon tiroksin, dan juga penting untuk energi dan metabolisme sel.
  • Kalsium penting sebagai pertahanan membran sel dan pembersihan pori-pori, yang dibutuhkan juga untuk perbaikan jaringan dibawah kulit.
  • Zink yang memainkan peranan dalam regulasi enzim.
  • Lumpur Laut Mati membantu kulit kering dengan mengganti elektrolit yang hilang, bisa mengobati beberapa masalah dermatologi seperti eksim, jerawat, rematik, sakit sendi, dan masalah sirkulasi dan saraf. Garam Laut Mati juga bisa bertindak sebagai desinfektan yang bisa mengeluarkan zat berbahaya dari kulit.

Bongkahan garam_Lulur Lumpur ala Laut Mati, dead sea, laut mati, israel, yordania, palestina, sodom dan gomorah, nabi luth, sejarah laut mati, misteri laut mati, keunikan laut mati

Mendangkal dan terancam tidak “mati” lagi
Saat ini, perairan Laut Mati mulai menyusut. Sejak tahun 1960an airnya sudah susut lebih dari 10 meter, sehingga dikhawatirkan Laut Mati terus mengalami pendangkalan. Susutnya air Laut Mati selain disebabkan oleh penguapan, juga akibat adanya proyek-proyek menyangkut air yang dilakukan oleh pemerintah Israel maupun Yordania.

Jika perairannya terus menerus surut, maka rencananya pada tahun 2017 nanti Laut Mati akan dihubungkan ke Laut Merah dengan sebuah bendungan yang bisa mengatur volume air. Kalau itu terjadi, maka kadar garam Laut Mati akan menurun dan menjadi normal sama dengan kadar garam laut biasa. Jika demikian Laut Mati mungkin tidak akan “mati” lagi karena ikan-ikan dan biota lain sudah bisa hidup di dalamnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: